Peranan Pendidikan Luar Sekolah dalam Dunia Pendidikan
Pendidikan Luar Sekolah sama pentingnya
dengan pendidikan sekolah atau pendidikan formal. Pernyataan ini memberi
suatu gambaran bahwa tanggung jawab pendidikan luar sekolah sama berat
dengan pendidikan formal atau mungkin lebih rumit daripada pendidikan
formal. Pendidikan tidak hanya terjadi di lingkungan sekolah, tetapi
juga di lingkungan masyarakat dan di lingkungan keluarga. Pendidikan
tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, tetapi berlangsung sepanjang
hayat (lifelong education). International Council for Educational Development (ICED) mengambil sikap bahwa konsepsi pendidikan identik dengan belajar (Nanitupulu, 1983:13).
Jika
dipandang demikian, maka masyarakat harus dipandang sebagai lingkungan
belajar yang menyeluruh. Konsep “belajar-mengajar” perlu dilengkapi
dengan konsep “membelajarkan”, artinya PLS mempunyai suatu sistem
pendidikan yang mengikutsertakan seluruh masyarakat, dan bukannya
sekadar sebagai suatu lingkungan belajar. Implikasi dari konsep
“membelajarkan” adalah, setiap tenaga kerja terdidik adalah sumber
belajar,serta prasarana dan sarana pendidikan adalah untuk semua orang
yang ingin belajar. Jadi, peran PLS sangat dominan dalam menangani
intervensi dalam dunia pendidikan.
Pendidikan luar sekolah pada dasarnya
adalah segala kegiatan pendidikan yang berlangsung di luar sistem
persekolahan. Pendidikan tidak hanya berlangsung di dalam sistem
persekolahan atau jalur sekolah, melainkan juga di jalur luar sekolah,
misalnya di dalam keluarga, di tengah pergaulan, di tempat kerja, dan di
jalanan. Pendidikan selain terjadi atas bantuan orang juga bisa terjadi
oleh usaha sendiri karena setiap manusia secara sadar atau tidak sadar
melakukan kegiatan belajar di sepanjang hayatnya. Pada saat melakukan
kegiatan belajar, seseorang sebenarnya tengah mendidik dirinya sendiri.
Mendidik berarti mengembangkan potensi manusia baik orang lain maupun
diri sendiri, sedangkan belajar berarti upaya mengembangkan potensi diri
sendiri. Dalam hal pengembangan potensi manusia, kegiatan pendidikan
memiliki peran langsung. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa
sebenarnya pendidikan merupakan satu-satunya bidang yang menangani
pengembangan potensi manusia dan yang khusus bertugas mengembangkan
potensi manusia di luar jalur sekolah adalah PLS.
Berdasarkan latar belakang di atas,
makalah ini berjudul “Peranan Pendidikan Luar Sekolah dalam Dunia
Pendidikan”. Topik ini dibahas karena PLS erat kaitannya dengan proses
pendidikan dan tingkat peranan PLS juga dominan dalam dunia pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar