Selasa, 17 Juli 2012

Cerita Tentang Motor Kesayangan Jupiter (2001)

Urusan Sepeda Motor Yamaha Selalu Jadi Pilihan Saya, setiap hari saya selalu menggunakan sepeda motor untuk kegiatan kuliah saya sehari-hari.dengan motor butut saya yg udh tua ini saya bersabar untuk sampai ke tempat kuliah. Pernah pengalaman saya ajak motor jupiter lama tersebut ke bromo alhasil kuat sampai dipuncaknya yang aku heranin wahh motor lama kaya gini hebatnya bisa naik bromo yah....??meskipun dengan kecepatan lambat sih... hehee wajar dengan motor tahun lama tersebut.

Setelah itu aq berusaha untuk membuat enak motor saya ini untuk jara jauh karena rumah saya Pasuruan dan tempat kuliah saya ada di jember. Saya ke bengkel langganan dan meminta petunjuk untuk mengganti spare part dengan biaya murah pastinya. Akhirnya saya ganti busi Iridium, knalpot Nob1 dan kopling ganda untuk sementara karena kantong tipis dan spare part tersebut yang menurut aku penting. Setelah semua itu dipasang dan aku coba test drive dijalanan lurus lumayan kerasa bedanya kecepatan pun bisa nembus 110km/h.

Selain itu tak lupa aku selalu memakai oli yang berkualitas dengan harga miring yaitu Oli Motul 3100 Gold 15/50 demi menjaga mesin agar tetap sehat dan tidak gampang aus terkena gesekan bertahun2.


Update Terbaru, sekarang setelah mengganti sparepart pengapian yaitu CDI BRT Hyperband dan Bore up Piston Kawasaki Kaze OZ 0,25 tak lupa juga memakai Bahan bakar Pertamax untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna menjadikan power meningkat drastis. Setelah saya tes di jalur sepi Jalan raya Bangil - Pasuruan, tenaga motor sangat terasa pada putaran bawah dan atas. Akselerasi untuk mendapatkan top speed sangat cepat dan motor tidak terasa berat pada putaran atas. Top Speed sekarang jadi 120km/h dengan 9700RPM serasa terbang motor ane. Tapi ini jangan di joki dengan orang yang berbobot ringan, bisa2 kena gronjalan jatuh tuhh orang. secara bobot tubuh ane 82kg dan Oli yang saya rekomended sih pake Motul 15/50 dan di isikan 900ml dari normalnya Jupiter 800ml, maklum kalo ane isikan agak banyak karena ane sering perjalanan jauh sihh...?
Sekian dari Cerita saya dengan Jupiter Kesayangan ini. Masih butuh modifikasi dengan biaya mahal lagi untuk mendapatkan kecepatan lebih maksimal lagi. Tinggal Budgetnya yang blom ada...heheee :)


 

















Koleksi Motor Yamaha Dirumah 

Jupiter tahun 2001 (saya)


Vega ZR 2011 (Ortu)

1 komentar:

  1. dlu bgt pas thn 2003an pernah pinjem punya temen yg kya ginian keluaran thn 2002..getarannya itu kenceng bgt. baru kecepatan 80 kpj aja udh bergetar ke mana2. baru setelah yg Jupiter Z keluar..getarannya ga berasa lg.

    BalasHapus